Minggu, 21 Oktober 2012

Pemasaran


ABSTRAK

PENGARUH  PELAYANAN JASA DELIVERY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. FAST FOOD INDONESIA KENTUCKY
FRIED CHICKEN PEKANBARU

Pelayanan jasa Delivery adalah jenis usaha yang mana sistim kerjanya, menggunakan jasa pengiriman atau jasa antar pesanan ke alamat yang sesuai permintaan dari konsumen tersebut, yang bersifat perusahaan melakukan servis guna bagaimana keinginan dan kepuasan konsumen itu, dapat terpenuhi dengan adanya jasa Delivery ini.
PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru adalah salah satu perusahaan yang mengelola makanan siap saji yang  memeberikan pelayanan jasa Delivery untuk menjangkau konsumen dalam upaya meraih tingkat penjualan yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru yang terletak di Jalan Sudirman Nomor 403 Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan jumlah konsumen perhari sebanyak 30 orang. Sedangkan, analisa datanya dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional dengan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh pelayanan jasa Delivery terhadap kepuasan konsumen dianalisis dengan regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS .
Melalui hasil perhitungan program SPSS antara pelayanan jasa Delivery terhadap kepuasan konsumen pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru, maka diperoleh pelaksanaan pelayanan jasa Delivery karyawan pada perusahaan ini cenderung baik, hal ini terbukti dari tanggapan responden. Kepuasan konsumen pada perusahaan ini cenderung baik, hal ini terbukti dari tanggapan responden. Adanya hubungan yang signifikan pelayanan jasa Delivery dengan kepuasan konsumen pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru, yaitu sebesar  0,393. Artinya, sebesar 30.93% kepuasan konsumen ditentukan oleh variabel pelayanan jasa Delivery, sedangkan sisanya sebanyak 69.07% ditentukan oleh variabel lain, selain pelayanan jasa Delivery, di antaranya: prasarana, image perusahaan, keramahan petugas pelayanan.
Sebaiknya pimpinan PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru, dapat meningkatkan pelaksanaan pelayanan jasa delivery, guna untuk memaksimalkan pencapaian kepuasan konsumen, sehingga diharapkan tercapai target penjualan yang direncanakan perusahaan, di samping faktor lainnya seperti efisiensi, kemampuan memprediksi selera pasar, strategi pemasaran yang variatif, integrasi, motivasi, dan inovasi yang handal.

Kata kunci: pelayanan jasa Delivery dan kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar