ABSTRAK
PENGARUH PELAYANAN JASA DELIVERY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. FAST FOOD INDONESIA
KENTUCKY
FRIED CHICKEN PEKANBARU
Pelayanan jasa Delivery adalah jenis usaha yang mana
sistim kerjanya, menggunakan jasa pengiriman atau jasa antar pesanan ke alamat
yang sesuai permintaan dari konsumen tersebut, yang bersifat perusahaan
melakukan servis guna bagaimana keinginan dan kepuasan konsumen itu, dapat
terpenuhi dengan adanya jasa Delivery
ini.
PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken
Pekanbaru adalah salah satu perusahaan yang mengelola makanan siap
saji yang memeberikan pelayanan jasa Delivery untuk menjangkau konsumen dalam
upaya meraih tingkat penjualan yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken
Pekanbaru yang terletak di Jalan Sudirman Nomor 403 Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
berdasarkan jumlah konsumen perhari sebanyak 30 orang. Sedangkan, analisa
datanya dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional dengan pendekatan
kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh pelayanan jasa Delivery terhadap kepuasan konsumen dianalisis dengan regresi
sederhana dengan menggunakan program SPSS .
Melalui hasil
perhitungan program SPSS antara pelayanan jasa Delivery terhadap kepuasan konsumen pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken
Pekanbaru, maka diperoleh pelaksanaan pelayanan jasa Delivery
karyawan pada perusahaan ini cenderung baik, hal ini terbukti dari tanggapan
responden. Kepuasan konsumen pada perusahaan ini cenderung baik, hal ini
terbukti dari tanggapan responden. Adanya hubungan yang signifikan pelayanan
jasa Delivery dengan kepuasan
konsumen pada PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru, yaitu
sebesar 0,393. Artinya, sebesar 30.93% kepuasan
konsumen ditentukan oleh variabel pelayanan jasa Delivery, sedangkan sisanya sebanyak 69.07% ditentukan oleh
variabel lain, selain pelayanan jasa Delivery,
di antaranya: prasarana, image perusahaan, keramahan petugas pelayanan.
Sebaiknya pimpinan PT. Fast Food Indonesia Kentucky Fried Chicken Pekanbaru, dapat
meningkatkan pelaksanaan pelayanan jasa delivery, guna untuk memaksimalkan
pencapaian kepuasan konsumen, sehingga diharapkan tercapai target penjualan
yang direncanakan perusahaan, di samping faktor lainnya seperti efisiensi,
kemampuan memprediksi selera pasar, strategi pemasaran yang variatif,
integrasi, motivasi, dan inovasi yang handal.
Kata kunci: pelayanan
jasa Delivery dan kepuasan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar